Rahasia Bumbu Soto Ayam Ala Soto Ambengan Dan Soto Semarang: Ciptakan Kelezatan Seperti Di Warung

Daftar Isi [Tampilkan]

Soto ayam Ambengan menjadi salah satu makanan legendaris yang berasal dari kota Malang. Makanan ini sudah menjadi buah bibir para pecinta kuliner di Indonesia. Bagi yang belum tahu tentang soto ayam Ambengan, berikut ini adalah penjelasan lengkap mengenai makanan yang satu ini.

Soto Ayam Ambengan, Makanan Legendaris yang Pernah Raih Penghargaan Dunia

Soto ayam Ambengan pertama kali diperkenalkan pada era tahun 1950-an. Makanan ini berasal dari Ambengan, daerah di daerah Brangkal, Desa Dau, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur.

soto ayam ambengan

Soto ayam Ambengan mengandung bumbu rempah yang kaya dan kuah kaldu ayam yang gurih dan lezat. Bukan hanya rasa yang enak, soto ayam Ambengan juga sangat kaya akan protein dan nutrisi, sehingga makanan ini sangat baik untuk dijadikan menu harian bagi keluarga Indonesia.

Apa itu Soto Ayam Ambengan

Soto Ayam Ambengan adalah makanan tradisional yang berasal dari Ambengan, daerah di daerah Brangkal, Desa Dau, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur. Makanan ini terkenal dengan kuah kaldu ayamnya yang gurih dan lezat, serta campuran rempah yang kaya akan cita rasa. Biasanya, soto ayam Ambengan dihidangkan bersama ketupat, mie, irisan kol, dan irisan daun seledri.

Mengapa Soto Ayam Ambengan Sangat Populer

Soto ayam Ambengan sudah sangat populer di Indonesia karena memang rasanya yang enak dan kandungan nutrisi di dalamnya yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Selain itu, makanan ini juga relatif mudah ditemukan di warung-warung makan di seluruh Indonesia. Tak hanya itu, soto ayam Ambengan juga pernah meraih penghargaan Internasional Taste & Quality Institute (ITQI) dari Brussel, Belgia. Penghargaan itu diberikan pada 2010 dan 2011 lalu, karena soto ayam Ambengan dinilai sangat enak oleh para juri internasional.

Jenis-Jenis Soto Ayam Ambengan

Soto ayam Ambengan sendiri dapat dibedakan berdasarkan cara penyajiannya. Ada soto ayam Ambengan yang disajikan dengan potongan ayam kampung, ayam broiler, atau bahkan disajikan dengan kaki ayam. Selain itu, ada juga varian soto ayam Ambengan yang dihidangkan dengan orak-arik telur dan ati ampela. Variasi-variasi tersebut tentunya membuat soto ayam Ambengan semakin unik dan lezat untuk dinikmati.

Kandungan Nutrisi pada Soto Ayam Ambengan

Makanan yang satu ini memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Soto ayam Ambengan kaya akan protein dari daging ayam, mineral, dan vitamin dari rempah-rempah seperti jahe, kunyit, ketumbar, dan lain sebagainya. Selain itu, kandungan kaldu ayamnya juga sangat baik untuk melancarkan sistem pencernaan dan mencegah dehidrasi.

Keuntungan Makan Soto Ayam Ambengan

Keuntungan makan soto ayam Ambengan adalah rasanya yang enak dan lezat, serta kandungan nutrisi yang baik bagi tubuh. Makanan ini cocok dikonsumsi pada waktu makan siang atau makan malam, karena mampu memberikan energi yang cukup bagi tubuh. Selain itu, makanan ini juga sangat baik untuk menambah nafsu makan dan menghangatkan tubuh pada saat cuaca sedang dingin.

Manfaat Makan Soto Ayam Ambengan

Manfaat dari makan soto ayam Ambengan adalah sebagai sumber protein bagi tubuh, baik untuk menjaga kekebalan tubuh, menjaga kesehatan tulang dan otot, dan sebagai sumber energi yang cukup bagi tubuh. Selain itu, rempah-rempah yang terkandung di dalam soto ayam Ambengan juga memiliki manfaat untuk menjaga sistem pencernaan dan meningkatkan kesehatan jantung.

Cara Membuat Soto Ayam Ambengan

Berikut adalah resep soto ayam Ambengan yang bisa dipraktekkan di rumah untuk dicicipi bersama keluarga:

resep soto ayam ambengan

Bahan-bahan:

  1. 1 ekor ayam kampung, cuci bersih potong jadi 4 bagian
  2. 1 ltr air
  3. 1 batang serai, memarkan
  4. 4 lembar daun salam
  5. 4 lembar daun jeruk
  6. 2 cm lengkuas memarkan
  7. 2 buah bawang putih
  8. 4 buah bawang merah
  9. 5 butir kemiri, sangrai
  10. 1 sdt ketumbar
  11. 1 jari jahe
  12. 1 sdm garam
  13. 1 sdt gula pasir
  14. jeruk limau / jeruk nipis sesuai selera
  15. sambal
  16. 10 butir kacang tanah, goreng
  17. 1/2 kg mie telur
  18. 1 porsi ketupat
  19. 1/2 potong sawi hijau
  20. 1/2 potong kol, iris
  21. beberapa ikat daun seledri, iris halus

Cara membuat:

  1. Rebus ayam hingga matang, saring dan buang airnya. Sisihkan ayam sebentar agar dingin. Kemudian suwir-suwir dan sisihkan.
  2. Tumis bumbu halus, masukkan kedalam rebusan air ayam tadi. Tambahkan serai, daun salam, daun jeruk, dan lengkuas. Masak hingga bahan-bahan mulai matang.
  3. Tambahkan suwiran ayam ke dalam rebusan, masukkan garam dan gula. Aduk rata dan masak hingga bumbu tercampur sempurna dan matang.
  4. Sajikan soto ayam Ambengan bersama mie, ketupat, irisan kol, irisan daun seledri, dan kacang tanah di atasnya.
  5. Tambahkan sambal jika suka dan berikan perasan jeruk nipis atau jeruk limau sesuai dengan selera.
  6. Tips Membuat Soto Ayam Ambengan Yang Lezat

    Berikut adalah beberapa tips yang bisa dipraktekkan agar soto ayam Ambengan yang kita buat di rumah bisa sangat enak dan lezat:

    1. Bahan-bahan utama harus berkualitas dan segar.
    2. Rebus ayam menggunakan air yang banyak dan cukup jangka lama agar kuah kaldu ayam nya benar-benar enak dan gurih.
    3. Gunakan bumbu rempah yang berkualitas tinggi dan jangan serakah dalam penggunaannya.
    4. Hindari membuat kuah ayam terlalu kental atau terlalu encer. Konsistensi kuah kaldu harus pas.
    5. Gunakan mie yang direbus sempurna dan memasak ketupat dengan baik.
    6. Tambahkan segelas air bersih jika kurang memuaskan.

    Itulah tadi ulasan singkat mengenai soto ayam Ambengan, makanan legendaris yang pernah mendapatkan penghargaan dunia. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua, terutama dalam meningkatkan pengetahuan dan wawasan tentang kuliner Indonesia yang kaya akan cita rasa dan kandungan nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh kita.


LihatTutupKomentar