Chicken Shawarma Wrap: Resep Wrap Shawarma Ayam Yang Nikmat Dan Mudah

Daftar Isi [Tampilkan]

Apa yang ada di pikiran Anda saat mendengar kata shawarma? Mungkin sebagian besar dari kita akan teringat pada makanan khas Timur Tengah yang terbuat dari daging ayam yang dipanggang dengan rempah-rempah khas dan dihidangkan dengan roti. Namun, kali ini saya ingin berbagi dengan Anda variasi shawarma yang bisa Anda sajikan dengan cara yang berbeda, yaitu Chicken Shawarma Wrap.

Easy 30-Minute Chicken Shawarma

Terdapat banyak cara untuk membuat Chicken Shawarma Wrap, namun resep yang akan saya bagikan ini sangat mudah dan bisa dibuat hanya dalam waktu 30 menit. Selain itu, bahan-bahan yang digunakan juga tidak sulit di dapatkan dan harganya terjangkau. foto Chicken Shawarma

Apa itu Chicken Shawarma Wrap?

Chicken Shawarma Wrap adalah sebuah hidangan yang berasal dari Timur Tengah yang terbuat dari daging ayam yang dipanggang dengan rempah-rempah khas dan dihidangkan bersama dengan roti yang dibentuk seperti lonjong. Dalam hidangan ini, daging yang sudah dipanggang akan dipotong-potong kecil dan dihidangkan bersama dengan sayuran, seperti tomat, timun, bawang bombay, serta saus yogurt atau saus tomat. Untuk menambah cita rasa, bumbu rempah seperti paprika, jintan, kayu manis, dan cumin juga ditambahkan pada daging ayam sebelum dipanggang.

Mengapa Chicken Shawarma Wrap Sangat Populer?

Chicken Shawarma Wrap sangat populer karena selain rasanya yang nikmat dan lezat, hidangan ini juga sangat mudah di temukan di berbagai tempat di seluruh dunia. Seiring perkembangan zaman, Chicken Shawarma Wrap juga semakin dimodifikasi dengan bahan-bahan tambahan, seperti keju, telur, atau bahkan buah-buahan. Selain itu, Chicken Shawarma Wrap juga dianggap sebagai pilihan makanan yang sehat, terutama jika di sajikan dengan banyak sayuran dan roti gandum yang tinggi serat.

Jenis-Jenis Chicken Shawarma Wrap

Selain Chicken Shawarma Wrap biasa, terdapat beragam jenis Chicken Shawarma Wrap yang bisa Anda coba. Tiga jenis Chicken Shawarma Wrap paling populer di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Turkish Chicken Shawarma Wrap
  2. Turkish Chicken Shawarma Wrap memiliki cita rasa yang khas karena rempah-rempah yang digunakan adalah campuran antara saffron, paprika, jintan cumin, dan kayu manis. Selain daging ayam, hidangan ini juga dilengkapi dengan perasan lemon, bawang putih, dan saus yogurt yang segar.

  3. Lebanese Chicken Shawarma Wrap
  4. Lebanese Chicken Shawarma Wrap memiliki cita rasa yang khas karena dibumbui menggunakan campuran rempah-rempah seperti cumin, paprika, lada, kayu manis, dan jahe yang bercampur dengan minyak zaitun dan cuka. Selain daging ayam, hidangan ini juga dilengkapi dengan sayuran seperti tomat, timun, dan bawang merah.

  5. Greek Chicken Shawarma Wrap
  6. Greek Chicken Shawarma Wrap memiliki cita rasa yang khas karena bahan-bahan rempah yang digunakan selain cita rasa khas Timur Tengah juga mengandung aroma Mediterania, seperti oregano, rosemary, dan thyme. Selain daging ayam, hidangan ini juga dilengkapi dengan sayuran seperti tomat, timun, selada, dan saus yogurt atau saus tomat.

Kandungan Nutrisi dalam Chicken Shawarma Wrap

Selain enak dan lezat, Chicken Shawarma Wrap juga memiliki beragam kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Berikut beberapa kandungan nutrisi dalam Chicken Shawarma Wrap:

  • Protein: Daging ayam yang menjadi bahan utama Chicken Shawarma Wrap mengandung protein yang cukup tinggi sehingga bisa membantu memenuhi kebutuhan protein harian tubuh Anda.
  • Karbohidrat: Karbohidrat terdapat pada roti yang digunakan dalam penyajian Chicken Shawarma Wrap. Roti yang baik di konsumsi dalam jumlah yang tepat dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan menjaga konsentrasi tubuh.
  • Vitamin C: Tomato dan timun yang menjadi bahan pelengkap dalam Chicken Shawarma Wrap mengandung vitamin C yang membantu sistem kekebalan tubuh lebih kuat dan mencegah penyakit.
  • Serat: Sayuran dalam Chicken Shawarma Wrap juga kaya akan serat dan dapat membantu memperlancar saluran pencernaan tubuh.

Keuntungan Memasak Chicken Shawarma Wrap di Rumah

Tidak hanya nikmat dan memiliki beragam kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan, memasak Chicken Shawarma Wrap di rumah juga memiliki beberapa keuntungan lainnya. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Kontrol bahan-bahan yang digunakan: Saat memasak Chicken Shawarma Wrap di rumah, Anda dapat memilih bahan-bahan yang berkualitas dan sesuai dengan selera.
  • Bebas dari bahan pengawet dan MSG: Memasak sendiri Chicken Shawarma Wrap di rumah dapat membantu menghindari bahan-bahan kimia dan pengawet yang terkadang ditemukan dalam hidangan yang di beli di luar.
  • Hemat biaya: Memasak sendiri Chicken Shawarma Wrap di rumah juga dapat membantu menghemat biaya jika dibandingkan dengan membeli hidangan serupa di luar.
  • Dapat dimodifikasi sesuai selera: Saat memasak Chicken Shawarma Wrap di rumah, Anda dapat mmodifikasi hidangan sesuai dengan selera dan kebutuhan gizi keluarga.

Manfaat Chicken Shawarma Wrap untuk Kesehatan Tubuh

Selain nikmat dan memiliki kandungan nutrisi yang baik, memasak dan mengonsumsi Chicken Shawarma Wrap juga memiliki beberapa manfaat kesehatan tubuh, di antaranya adalah:

  • Menjaga Jantung Sehat: Konsumsi sayuran yang diperlukan oleh tubuh yang terkandung dalam Chicken Shawarma Wrap sebagai pilihan makanan akan membantu menjaga kesehatan jantung.
  • Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh: Vitamin C yang terkandung dalam sayuran yang digunakan dalam Chicken Shawarma Wrap dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang kuat dan mencegah penyakit.
  • Membantu Menjaga Kesehatan Pencernaan: Serat yang terkandung dalam sayuran yang digunakan dalam Chicken Shawarma Wrap yang baik untuk saluran pencernaan dan dapat mencegah kanker usus besar.
  • Menjaga Kesehatan Tulang: Daging ayam yang digunakan dalam Chicken Shawarma Wrap mengandung kalsium yang baik untuk kesehatan tulang.

Cara Membuat Chicken Shawarma Wrap di Rumah

Selanjutnya, kami akan membagikan dengan Anda cara mudah membuat Chicken Shawarma Wrap di rumah dengan menggunakan bahan-bahan yang mudah didapatkan dan harganya terjangkau.

Bahan-bahan yang Diperlukan:

  • Daging ayam fillet 500 gram, potong tipis
  • 4 buah roti pita
  • 1 buah tomat, iris tipis
  • 1 buah timun, iris tipis
  • 1 buah bawang bombay, iris tipis
  • 1 buah wortel, serut halus
  • 1/2 cup saus yogurt
  • 1 sdm bubuk paprika
  • 1 sdt jintan
  • 1 sdt cumin
  • 1/2 sdt kayu manis
  • 1 sdt garam
  • 1 sdm minyak zaitun

Cara Membuat:

  1. Campurkan semua bahan rempah-rempah dalam sebuah wadah, lalu aduk hingga merata.
  2. Letakkan potongan daging ayam dalam wadah tersebut, dan aduk hingga merata.
  3. Panaskan minyak zaitun pada wajan dengan api sedang.
  4. Tambahkan potongan daging ayam yang sudah dicampur dengan bumbu rempah pada wajan dan panggang hingga matang.
  5. Ambil roti pita dan panggang pada wajan yang sama hingga empuk.
  6. Pada wadah kecil, campurkan saus yogurt dengan garam.
  7. Letakkan potongan daging ayam yang sudah di panggang, lalu tambahkan sayuran dan saus yogurt.
  8. Lipat roti pita sebagai bungkus, lalu panggang selama beberapa menit.
  9. Setelah itu, angkat dan sajikan.

Tips Membuat Chicken Shawarma Wrap

Berikut beberapa tips yang bisa Anda gunakan saat membuat Chicken Shawarma Wrap di rumah:

  • Daging ayam fillet yang digunakan harus dipotong tipis agar mudah dipanggang dan daging akan matang secara merata.
  • Saat memilih roti yang akan digunakan untuk Chicken Shawarma Wrap, pilihlah roti pita yang terbuat dari gandum utuh agar mengandung serat yang tinggi dan lebih sehat.
  • Saat memasak daging ayam, jangan terlalu banyak menggunakan minyak zaitun agar tidak terlalu berlemak dan mengurangi kandungan nutrisi.
  • Gunakan sayuran segar dan iris tipis agar membuat hidangan semakin sehat dan lebih lezat.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda tahu tentang Chicken Shawarma Wrap dan cara membuatnya. Selamat mencoba dan nikmati makanan sehat dan lezat di rumah!


LihatTutupKomentar