Falafel Pita Sandwich: Resep Sandwich Pita Dengan Falafel Yang Nikmat

Daftar Isi [Tampilkan]

Falafel Pita Sandwich adalah sajian Sandwich yang terbuat dari falafel yang digulung dalam roti pita. Roti pita ini nantinya diisi dengan aneka sayuran seperti timun, tomat, selada, dan saus pipilan. Falafel Pita Sandwich banyak ditemukan di Timur Tengah dan juga di beberapa restoran yang menyediakan hidangan internasional.

Falafel Pita Sandwich

Falafel Pita Sandwich

Apa itu Falafel Pita Sandwich?

Falafel Pita Sandwich adalah jenis sandwich yang berasal dari Timur Tengah. Sajian ini menggabungkan falafel, sayuran mentah seperti timun, tomat, selada, dan saus pipilan dalam roti pita menjadi satu hidangan yang enak dan lezat.

Mengapa Falafel Pita Sandwich Populer?

Salah satu alasan mengapa Falafel Pita Sandwich menjadi populer di seluruh dunia adalah karena menu ini sangat ringan dan sehat. Falafel sendiri terbuat dari bahan-bahan seperti kacang-kacangan dan rempah-rempah alami, sangat cocok apabila dikonsumsi sebagai sarapan atau makanan siang. Selain itu, Falafel Pita Sandwich juga cocok untuk konsumsi orang vegan karena terbuat dari bahan-bahan alami.

Jenis-jenis Falafel Pita Sandwich

Falafel Pita Sandwich memiliki banyak variasi di seluruh dunia. Beberapa jenis varian yang terkenal adalah Falafel Pita Sandwich dengan dressing tomat atau hummus, Falafel Pita Sandwich yang disajikan dengan saus yogurt, Falafel Pita Sandwich dengan tambahan keju feta, dan masih banyak varian lainnya. Anda bisa mencoba dan menikmati Falafel Pita Sandwich sesuai selera Anda.

Kandungan Nutrisi Falafel Pita Sandwich

Falafel Pita Sandwich sangat sehat dan bergizi. Selain falafel, sayuran mentah yang digunakan pada menu ini mengandung banyak nutrisi berguna bagi tubuh, seperti vitamin C, E, dan A. Falafel sendiri kaya akan protein, serat, dan berbagai mineral seperti zat besi, kalium dan juga magnesium

Keuntungan yang Didapat dari Memakan Falafel Pita Sandwich

Salah satu keuntungan utama dari konsumsi Falafel Pita Sandwich adalah menjaga kesehatan tubuh dan mengoptimalkan metabolisme. Falafel sendiri kaya akan protein, serat dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Manfaat Mengkonsumsi Falafel Pita Sandwich

Falafel Pita Sandwich sangat cocok untuk mereka yang makanan vegan dan vegetarian. Selain itu, kandungan serat dan nutrisi dari Falafel Pita Sandwich juga mempunyai manfaat bagi kesehatan pencernaan, meningkatkan kesehatan jantung dan juga meningkatkan berat badan.

Cara Membuat Falafel Pita Sandwich

Bahan :

  • 250g kacang arab
  • 1/2 cup tepung terigu
  • 1/2 cup ketumbar bubuk
  • 1/2 cup paprika bubuk
  • 1/2 sendok teh baking powder
  • Garam dan merica secukupnya
  • Satu bawang putih
  • 1/2 gelas persil segar
  • 1/2 gelas daun mint segar
  • 1 biji tomat segar
  • 1/2 lemon
  • 3 sendok makan minyak zaitun.
  • Roti Pita
  • Selada
  • Tomat
  • Timun
  • Saus pipilan (Sesuai selera)

Cara membuat :

  1. Larutkan kacang arab dengan air selama 10 hingga 12 jam. Setelah kacang arab direndam, tiriskan dan keringkan.
  2. Setelah kacang arab kering, aduk dengan tepung terigu, ketumbar bubuk, paprika bubuk, baking powder, garam, dan merica secukupnya.
  3. Campurkan bawang putih, persil, dan daun mint segar dalam blender atau food processor. Setelah itu, aduk bahan-bahan pencampur dalam Campuran tepung dan kacang arab hingga semua bahan tercampur rata dan adonan mengental.
  4. Bentuk adonan dalam bola seukuran bola tenis dan pipihkan sedikit.
  5. Goreng falafel dalam minyak goreng panas hingga kekuningan.
  6. Iris tomat dan timun menjadi irisan tipis. Iris selada.
  7. Bakar roti pita pada oven hingga kecoklatan.
  8. Isi roti pita dengan falafel goreng, irisan tomat, irisan timun dan selada.
  9. Tuang saus pipilan atau hot sauce sesuai selera.
  10. Sajikan hangat.

Tips Membuat Falafel Pita Sandwich

Perlu diingat agar oil rendemen pada falafel harus dimasukkan ke dalam adonan, seperti yang dijelaskan dalam resep ini. Hal ini bertujuan agar falafel tidak terlalu kering saat digoreng dan dapat lebih mudah untuk dicetak.

Dapatkan sensasi dari Timur Tengah dengan mencicipi Falafel Pita Sandwich. Sajian ini sangat mudah dibuat dan sangat cocok untuk sarapan atau makan siang. Selamat mencoba!


LihatTutupKomentar