Chicken Satay: Resep Sate Ayam Yang Gurih Dengan Saus Kacang Yang Lezat

Daftar Isi [Tampilkan]

Sate ayam, siapa yang tidak kenal dengan makanan lezat asal Indonesia yang satu ini? Selain enak dimakan bersama nasi putih panas dan saus kacang yang pedas, sate ayam juga sangat terkenal di kalangan masyarakat Indonesia sebagai hidangan yang paling baik untuk dinikmati ketika bersama keluarga maupun teman-teman. Tapi, apa itu sate ayam dan apa yang membuatnya sangat spesial? Yuk, cari tahu lebih lanjut!

Sate Ayam - Makanan Khas Indonesia yang Legendaris

Sate ayam adalah hidangan yang terbuat dari daging ayam yang dipotong-potong dan ditusuk dalam tusukan buluh atau bambu sebelum dilumuri dengan bumbu kacang dan kemudian dipanggang sampai matang. Secara umum, sate ayam dihidangkan bersama dengan nasi putih dan saus kacang yang pedas dan sedikit asam, serta irisan mentimun dan bawang merah yang dicampur ke dalam saus kacang.

Jenis-Jenis Sate Ayam

Tidak hanya sate ayam yang sebenarnya sudah sangat terkenal di seluruh Indonesia, namun ada juga beberapa jenis sate ayam lainnya yang tidak kalah lezat dan memikat hati. Berikut adalah beberapa jenis sate ayam yang paling sering ditemukan di Indonesi :

Sate Ayam Madura

Sate ayam dari Madura termasuk jenis sate ayam yang paling terkenal di Indonesia. Daging ayam dipotong menjadi kecil, lalu disusun dalam tusukan bambu sebelum di bakar. Sate ayam Madura biasanya disajikan dengan saus kacang yang bercita rasa manis dan asin serta menggunakan bahan tambahan seperti kecap Manis dan bawang goreng untuk memberikan rasa yang lebih nikmat dan memukau.

Sate Ayam Sulawesi

Bila kita berbicara mengenai sate ayam di Sulawesi, maka yang paling terkenal adalah sate Pokoknya di sini nasi ditaburin bawang merah dan kecap lalu ditaruh sate ayam diatasnya, terakhir disiramkan lagi dengan bumbu kacang terkenyal dan taburkan bawang goreng.

Sate Ayam Sunda

Sate ayam Sunda biasanya dibakar dengan arang dari kayu bakar yang disertakan bumbu rempah sehingga rasa dan wangi sangat khas. daging ayam yang dipakai adalah bagian dadanya yang gurih dan lembut. Sate ayam Sunda biasanya disajikan dengan saus kacang yang dimasak dengan cara tradisional, sehingga terasa lebih nikmat saat disantap bersama dengan nasi putih dan lalapan.

Cara Membuat Sate Ayam

Walaupun sate ayam terlihat seperti makanan yang sulit dibuat, namun sebenarnya cara membuatnya sangat sederhana. Berikut adalah resep sate ayam yang dapat kamu coba buat sendiri di rumah :

Bahan-bahan:

  • 500 gram daging ayam fillet
  • 3 sendok makan minyak goreng
  • 2 sendok makan kecap manis
  • 1 sendok makan air jeruk nipis
  • 2 siung bawang putih yang dicincang halus
  • 1 ruas jahe yang dicincang halus
  • 1 sendok teh garam

Bumbu Kacang:

  • 200 gram kacang tanah goreng
  • 2 siung bawang putih
  • 3 cabai merah
  • 2 sendok makan gula merah
  • 1 sendok teh garam
  • 150 ml air

Cara Membuat:

1. Pertama-tama, potong daging ayam fillet kecil-kecil dan sisihkan.

2. Campurkan minyak goreng, kecap manis, air jeruk nipis, bawang putih yang dicincang halus, jahe yang cincang halus, dan garam. Lalu, masukkan daging ayam ke dalam campuran bumbu, aduk hingga rata, lalu diamkan selama 30 menit.

3. Siapkan tusuk sate dari bambu atau buluh, lalu tancapkan tusuk sate ke dalam daging ayam yang telah ditusuk ke dalam tusuk sate. Lakukan sampai daging habis.

4. Panggang sate ayam di atas teflon atau bakar dengan arang. Bolak-balik hingga sate ayam matang dan berwarna kecoklatan di semua sisinya.

5. Siapkan bahan-bahan untuk bumbu kacang, lalu haluskan kacang tanah, bawang putih, dan cabai merah. Campurkan semua bahan hingga halus, lalu masak dalam 150 ml air sambil terus diaduk hingga kental.

Keuntungan dan Manfaat Makan Sate Ayam

Belum lengkap rasanya bila kita membahas tentang sate ayam, apabila tidak membahas mengenai manfaat dan keuntungannya bagi kesehatan. Berikut adalah beberapa manfaat dan keuntungan yang didapat dalam mengonsumsi sate ayam :

Kandungan Protein

Tidak dapat dipungkiri bahwa ayam mengandung protein yang tinggi, mengonsumsi sate ayam dapat memenuhi asupan protein pada tubuh. Protein membantu membangun dan memperbaiki otot. Selain itu, protein juga membantu meningkatkan stamina dan menjaga daya tahan tubuh.

Kaya akan Vitamin B6

Vitamin B6 pada ayam terbukti dapat membantu mencegah beberapa penyakit kronis seperti penyakit jantung dan diabetes. Pasalnya, vitamin B6 membantu mengontrol kadar homosistein pada tubuh yang merupakan salah satu penyebab dari penyakit jantung dan diabetes.

Mudah dicerna

Sate ayam cukup mudah dicerna oleh tubuh karena daging ayam cenderung lebih mudah dicerna daripada daging sapi atau babi. Hal ini membuat sate ayam cocok dikonsumsi oleh semua kalangan masyarakat, termasuk anak-anak dan orang dewasa yang mempunyai penyakit pencernaan.

Menambah energi

Sate ayam juga bisa digunakan sebagai sumber energi bagi tubuh, karena daging ayam mengandung lemak sehat yang diperlukan untuk memperoleh sumber energi bagi tubuh. Hal ini menjadikan sate ayam sebagai hidangan yang cocok dikonsumsi setelah berolahraga atau setelah melakukan aktivitas yang cukup berat.

Tips dalam Membuat Sate Ayam yang Nikmat

Agar sate ayam yang kamu buat di rumah menjadi nikmat dan empuk ketika disantap, berikut adalah beberapa tips yang harus diperhatikan :

Memilih Daging Ayam yang Baik

Pastikan kamu memilih daging ayam yang berkualitas untuk dijadikan bahan utama dalam pembuatan sate ayam. Usahakan memilih jenis ayam kampung atau ayam negeri yang jumlah lemak dan kandungan proteinnya pas untuk dijadikan hidangan sate ayam.

Memarinate Daging Ayam Terlebih Dahulu

Memarinate daging ayam dengan bumbu tertentu sebelum memanggang juga menjadi tips yang cukup ampuh untuk memperoleh sate ayam yang empuk dan enak. Memarinate daging ayam dapat membantu menghilangkan bau amis pada ayam dan membantu membaurkan bumbu ke dalam daging ayam.

Memasak Sate Ayam dengan Minyak Sedikit Demi Sedikit

Ketika memanggang sate ayam, jangan terlalu banyak menggunakan minyak ketika memanggang sate ayam. Boleh tambahkan sedikit minyak terhgitudemi menjaga agar sate ayam tidak gosong, namun jangan terlalu banyak ya! Karena terlalu banyak menggunakan minyak dapat membuat sate ayam tida sehat untuk di konsumsi.

Nah, sudah tahu kan apa itu sate ayam dan apa saja jenis sate ayam serta manfaat dari mengonsumsinya? Yuk cobain resep sate ayam di rumah dan buat sendiri sate ayam yang enak dan lezat untuk dinikmati bersama keluarga maupun teman-teman. Selamat mencoba!


LihatTutupKomentar