Guacamole With Homemade Tortilla Chips: Resep Guacamole Dengan Keripik Tortilla Buatan Sendiri Yang Segar

Daftar Isi [Tampilkan]

Siapa yang suka makan guacamole? Gue sih suka banget, gimana engga? Rasanya yang khas alpukat dan rempah-rempah bikin lidah gue ketagihan terus. Nah, kali ini gue mau mau ngajak kalian buat ngulik lebih dalam soal guacamole ini. Yuk, lebih kenal lagi sama salah satu saus cocolan ini!

Guacamole Alpukat

guacamole

Apa Itu Guacamole?

Sebelum bahas apa itu guacamole, kita bahas dulu dari mana asalnya. Guacamole adalah saus yang berbahan dasar alpukat, digiling dengan rempah-rempah seperti cabai rawit, bawang putih, tomat, dan lemon atau jeruk nipis. Saus ini berasal dari Meksiko dan sering kali dijadikan saus cocolan untuk hidangan seperti tortilla chips, tacos, burritos, dan masih banyak lagi.

Mengapa Guacamole Populer?

Selain rasanya yang enak, guacamole juga menjadi populer karena kandungan nutrisinya yang baik untuk kesehatan. Alpukat yang menjadi bahan dasarnya, kaya akan lemak tak jenuh tunggal atau baik untuk jantung. Juga mengandung serat yang baik untuk pencernaan kamu.

Jenis-jenis Guacamole

Guacamole mungkin terlihat seperti saus yang simpel, tapi sebetulnya ada beberapa jenis guacamole yang bisa kamu coba. Yuk, kita bahas satu-satu!

Guacamole Original

Ini dia, guacamole yang paling dikenal. Rasa yang creamy dan citrussy ini cocok banget dipadukan dengan makanan meksiko atau dijadikan saus cocolan.

Guacamole Salsa

Selain tomat untuk bahan dasar guacamole, coba kamu tambahkan bahan-bahan seperti bawang putih, cabai, dan jagung. Dijamin, guacamole salsa ini bakal bikin kamu ketagihan.

Guacamole Bacon

Kalau kamu penggemar daging asap, guacamole ini wajib banget kamu coba. Seruannya yang gurih ini akan membuat kamu ketagihan.

Kandungan Guacamole

Tadi udah sempat bahas sedikit soal nutrisi alpukat, nah kamu mau tahu apa aja lagi yang terkandung dalam guacamole?

Vitamin C

Kandungan lemon atau jeruk nipis yang dicampurkan pada guacamole, membuat saus ini kaya akan vitamin C. Cocok untuk kamu yang butuh asupan antioksidan untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Vitamin E

Alpukat juga kaya akan vitamin E yang baik untuk kulit dan juga antioksidan. Sehingga saus ini tidak hanya bikin lidah kamu senang, tapi juga kecantikan kulit kamu terjaga.

Potassium

Kandungan kalium pada alpukat, juga membantu menjaga kesehatan jantung dan darah kamu. Cocok banget buat kita yang sering lesu dan butuh asupan nutrisi yang cukup.

Keuntungan Mengonsumsi Guacamole

Apa sih keuntungan dari mengonsumsi guacamole? Yuk kita bahas!

Kaya Vitamin

Udah gue bahas tadi, kalau guacamole ini kaya akan vitamin. Selain itu, vitamin tersebut memiliki beragam keuntungan untuk kesehatan kamu. Vitamin C untuk meningkatkan daya tahan tubuh, vitamin E untuk menjaga kecantikan kulit kamu. Wah, mantap kan?

Bikin Kita Kenyang

Alpukat juga kaya akan serat. Maka, saat kamu makan guacamole, kamu akan merasa kenyang lebih lama. Tidak hanya enak, tapi juga membuat perut kamu kenyang lebih lama. Lumayan banget nih buat kamu yang lagi diet.

Bikin Tubuh Lebih Sehat

Kalium yang terkandung pada guacamole, membantu menjaga kesehatan jantung dan darah kamu. Kamu juga bisa meningkatkan kesehatan pencernaan, dan meningkatkan kadar kolesterol kamu, sehingga saat kamu konsumsi guacamole, kamu bikin tubuh kamu lebih sehat.

Manfaat Mengonsumsi Guacamole

Guacamole tidak hanya enak, tapi juga punya banyak manfaat. Yuk kita bahas satu-satu.

Menjaga Berat Badan

Tadi udah sempat bahas bahwa alpukat yang menjadi bahan dasar guacamole, mengandung serat yang baik untuk pencernaan. Nah, serat ini juga bikin kamu merasa kenyang lebih lama, sehingga kamu bisa menjaga berat badan kamu.

Menjaga Kesehatan Jantung

Kalium yang terkandung pada guacamole juga membantu menjaga kesehatan jantung kamu. Kalium ini membantu mengatur tekanan darah, sehingga kamu bisa menjaga jantung kamu tetap sehat.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Guacamole juga kaya akan vitamin C yang baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh tingkat sel. Selain itu vitamin C juga membantu kulit kamu jadi lebih sehat.

Cara Membuat Guacamole Sendiri

Sudah tahu keuntungan dan manfaat dari mengonsumsi guacamole. Sekarang, yuk kita cari tahu bagaimana cara membuat guacamole punya kita sendiri. Simak langkah-langkah berikut ini!

Bahan-bahan

  • Dua buah alpukat matang
  • Satu lembar daun jeruk, iris tipis
  • Satu buah tomat merah, potong kecil-kecil
  • Dua siung bawang putih, cincang halus
  • Satu buah cabai rawit, potong serong
  • Dua sendok makan air lemon
  • Secukupnya garam dan merica

Cara Membuat

  1. Potong alpukat menjadi dua bagian, buang batunya, dan ambil dagingnya saja.
  2. Masukkan alpukat ke dalam mangkuk, lumatkan hingga tercampur rata.
  3. Tambahkan tomat, bawang putih, cabai, dan daun jeruk.
  4. Tuangkan air lemon, tambahkan garam dan merica secukupnya, aduk rata.
  5. Guacamole siap dihidangkan!

Tips Agar Guacamole Lebih Kenyal

Kalau kamu ingin guacamole yang lebih lezat lagi, coba deh tips berikut ini!

Tambahkan Bawang Bombai

Slicing bawang bombay yang sudah disautee dan masukkan ke guacamole muh. Ini bakal menambahkan crunchiness dan aroma yang enak.

Tambahkan Cumi

Kamu juga bisa tambahkan cumi yang sudah disautee dan potong kecil-kecil ke dalam guacamole. Ini bakal menambahkan bahan makanan yang bervariasi dan kadangkala dapat memberikan rasa yang berbeda.

Tambahkan Wasabi

Selain cumi, kamu juga bisa menambahkan wasabi ke dalam guacamole, hal ini akan memberikan rasa pedas yang tidak biasa dan sedikit menantang. Tetapi, meskipun tidak biasa tetapi wasabi dalam guacamole tersebut tetap enak untuk dinikmati.

So, sekarang kamu bisa lebih tahu soal guacamole dan bahkan bisa membuatnya sendiri. Tambahkan kreasi kamu sendiri dan buat guacamole yang kamu buat lebih unik dan lebih nikmat. Yuukk mencoba!


LihatTutupKomentar