Beef Teriyaki With Vegetables: Resep Teriyaki Daging Sapi Dengan Sayuran Yang Lezat

Daftar Isi [Tampilkan]

Ya ampun, saya punya resep terbaru nih buat para pecinta masakan Jepang, yaitu Beef Teriyaki! Nah, kali ini saya ingin berbagi resep Beef Teriyaki ala restoran dengan bahan-bahan yang mudah dicari di supermarket. Yuk, kita simak selengkapnya!

Resep Beef Teriyaki Ala Restoran yang Gampang Dibuat

Masakan Jepang memang selalu membuat saya tergoda. Teriyaki, miso soup, sushi, semuanya enak banget! Tapi kali ini, saya ingin membagikan resep khusus untuk Beef Teriyaki. Simak saja bahan-bahan yang dibutuhkan:

  1. 500 gram daging sapi has dalam, iris tipis
  2. 2 sendok makan minyak goreng
  3. 3 siung bawang putih, cincang halus
  4. 1/4 cup kecap asin
  5. 1/4 cup kecap manis
  6. 1 sendok makan gula pasir
  7. 1 sendok makan mirin
  8. 1 sendok makan sake
  9. 1 buah bawang bombay, iris tipis
  10. 2 sendok makan tepung maizena yang dilarutkan dengan dua sendok makan air
  11. 1/2 sendok teh lada
  12. Secukupnya minyak wijen

Apa itu Beef Teriyaki?

Beef Teriyaki adalah sajian masakan Jepang yang terdiri dari daging sapi iris tipis yang dicampurkan dengan saus teriyaki. Teriyaki sendiri terdiri dari kecap asin, kecap manis, gula, mirin, dan sake. Saat dimasak, daging sapi akan menyatu dengan saus teriyaki yang kental dan karamel.

Mengapa Beef Teriyaki Enak?

Tidak perlu ditanya lagi, untuk para pecinta masakan Jepang pasti sudah tahu kenapa Beef Teriyaki enak banget. Daging sapi yang diiris tipis, saat dimasak akan lebih mudah meresapkan bumbu teriyaki. Daging yang empuk dengan saus teriyaki yang kental memberikan rasa gurih manis yang nikmat. Selain itu, Beef Teriyaki sangat cocok disajikan dengan nasi putih yang hangat.

Jenis-Jenis Daging Sapi yang Cocok Digunakan

Untuk Beef Teriyaki, sebaiknya menggunakan daging sapi bagian has dalam yang diiris tipis. Anda juga bisa menggunakan sirloin atau tenderloin jika ingin mencoba varian yang berbeda. Namun, sebaiknya hindari menggunakan daging sapi bagian sandung lamur, karena daging ini cenderung keras dan sulit untuk dimasak.

Kandungan Nutrisi Beef Teriyaki

Beef Teriyaki terdiri dari daging sapi yang kaya akan nutrisi. Daging sapi adalah sumber protein, zat besi, zinc, dan vitamin B12 yang baik untuk kesehatan tubuh. Namun, karena Beef Teriyaki mengandung gula dan kecap manis, sebaiknya tidak dikonsumsi secara berlebihan.

Keuntungan Mengonsumsi Beef Teriyaki

Mengonsumsi Beef Teriyaki memberikan beberapa keuntungan untuk kesehatan tubuh. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, daging sapi adalah sumber protein yang tinggi. Protein dibutuhkan untuk membangun sel-sel baru dalam tubuh. Selain itu, Beef Teriyaki juga mengandung zat besi yang membantu memproduksi sel darah merah dan zinc yang membantu meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh.

Manfaat yang Didapat dari Beef Teriyaki

Beef Teriyaki memiliki manfaat yang bermanfaat untuk tubuh. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, protein dan zat besi yang terkandung dalam Beef Teriyaki membantu membangun sel-sel baru dalam tubuh dan meningkatkan produksi sel darah merah. Selain itu, vitamin B12 yang terkandung dalam daging sapi adalah nutrisi yang baik untuk sistem saraf dan memproduksi sel darah merah. Beef Teriyaki juga mengandung zinc, yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Namun, karena Beef Teriyaki mengandung gula dan kecap manis, sebaiknya tidak dikonsumsi secara berlebihan.

Cara Memasak Beef Teriyaki yang Mudah

Dibutuhkan teknik memasak yang tepat agar Beef Teriyaki karamel dan gurih. Berikut adalah cara memasak Beef Teriyaki yang mudah:

  1. Panaskan minyak goreng di wajan. Tumis bawang putih hingga harum.
  2. Tambahkan daging sapi, aduk-aduk hingga berubah warna.
  3. Tambahkan kecap asin, kecap manis, gula pasir, mirin, dan sake. Aduk rata, dan biarkan sampai bumbu meresap ke dalam daging sapi hingga karamel dan coklat kehitaman.
  4. Tambahkan bawang bombay, aduk rata. Masak hingga bawang bombay layu.
  5. Tambahkan tepung maizena yang sudah dilarutkan, aduk rata. Biarkan cairan di dalam wajan mengental.
  6. Tambahkan lada dan minyak wijen, aduk rata. Matikan api.
  7. Sajikan Beef Teriyaki dengan nasi putih hangat dan sayuran segar sebagai pendampingnya.

Tips dalam Memasak Beef Teriyaki

Beef Teriyaki membutuhkan perhatian dan teknik yang tepat dalam memasaknya. Berikut adalah tips dalam memasak Beef Teriyaki:

  1. Memilih Daging yang Tepat: Sebaiknya menggunakan daging sapi has dalam agar daging mudah dimasak dan meresapkan bumbu teriyaki.
  2. Jangan Terlalu Banyak Menggunakan Minyak: Beef Teriyaki tidak membutuhkan banyak minyak untuk dimasak. Cukup sedikit saja untuk menumis bawang putih.
  3. Gunakan Tepung Maizena: Agar saus teriyaki lebih kental dan bumbu meresap ke dalam daging sapi, sebaiknya menambahkan tepung maizena yang sudah dilarutkan.
  4. Tambahkan Bawang Bombay: Bawang bombay akan menambah rasa dan aroma yang enak pada Beef Teriyaki. Iri sedikit saja tipis-tipis.
beef teriyaki

Penutup

Itulah resep Beef Teriyaki ala restoran yang mudah dibuat. Sederhana, namun enak banget untuk dijadikan hidangan spesial untuk keluarga. Jangan lupa, ikuti tips dalam memasak Beef Teriyaki agar sajian yang disajikan dapat meresapkan bumbu teriyaki dan terlihat cantik saat disajikan. Selamat mencoba!


LihatTutupKomentar